KARENA AGAMANYA


Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda dalam hadits Abu Hurairah radhiyallahu anhu :

فاظفر بذات الدين تربت يداك 

_"Pilihlah (perempuan) yang baik agamanya maka kamu akan beruntung"_

(Riwayat Bukhari Muslim)

Setiap dari kita tentunya telah mendengar dan memahami kandungan dari hadits di atas , akan tetapi seperti apa yang disabdakan oleh Nabi shallallahu alaihi wasallam 

ليس الخبر كالمعاينة

Kabar itu tidak sama dengan yang menyaksikan dengan mata (secara langsung).

(Riwayat Ahmad dan dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-albani rahimahullah)

Maka orang yang memahami hadits ini dan beramal dengannya serta diberikan taufiq oleh Allah Azza Wajalla untuk menikah... maka sungguh demi Allah ia telah mendapatkan seluruh kebaikan.

أنا لا أنفي أن يكون الرجل يختار الجمال لا...!!! 

Saya tidak menafikan kalau seorang laki-laki itu (lebih mendahulukan) dan memilih kecantikan, tidak...!!!

Akan tetapi hal tersebut jangan menjadi tujuan dan prioritas utama , engkau tidak akan mengetahui makna ucapanku ini kecuali setelah engkau menjalani yang namanya pernikahan.

Ketahuilah wahai saudaraku yang mulia bahwasanya engkau akan hidup bersama dengan kecantikan yang kamu pilih satu atau dua bulan saja , dan setelahnya engkau tidak akan peduli lagi kecuali dengan kecantikan ruh (agama dan akhlaknya). 

Kemudian mulailah secara perlahan engkau akan memahami sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam "pilihlah Yang baik agamanya maka kamu akan beruntung", tatkala engkau melihat istrimu menunaikan shalat lima waktu dan shalat-shalat sunnah yang disyariatkan , atau ia puasa sunnah setiap hari senin dan kamis....

Dan ketika engkau melihatnya membawa mushaf lalu membaca firman Allah Azza Wajalla dengan cara tartil , demikian juga ketika engkau melihatnya menela'ah kitab-kitab para ulama atau mendengarkan ceramah para masyaikh.

Demi Allah wahai saudaraku hal itu akan menjadi penyejuk pandangan matamu , dan engkau pun merasakan ketenangan demi ketenangan...

Dan ketahuilah saudaraku bahwa istiqomah di atas ketaatan kepada Allah tidak akan terlepas dari kelalaian maka dibutuhkan bagi pasangan hidup untuk saling mengingatkan dan menasehati.

Setelah engkau memahami hadits ini maka engkau akan mendapati dirimu mengingat dan memahami sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam yang lain yaitu :

الدنيا متاع و خير متاعها المرأة الصالحة

Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah perempuan yang shalihah...

(Riwayat Muslim dari sahabat Abdullah bin Amr bin Al-Ash radhiyallahu anhu)

Ditulis Salah seorang ikhwah حفظه الله.

Di Darul Hadits Al-fuyusy Lahij Yaman حرسها الله

Post a Comment

0 Comments