DIA YANG ISTIMEWA

Sudah lupakah kita tentang syahdunya penungguan malam seribu bulan ? atau telah berlalu keimanan dari kita sedang kita tak merasakan ? atau satu lagi...,sudah matikah hati kita hingga tak lagi ada keriduan pada ketaatan ?


pelarian mengadu pada peralihan

betapa jiwa terasa korsa dari amalan

peralihan begitu kejam mengganti

terpaksa jiwa ini terbawa berlari


verbalisasi tak guna di tegakkan

jiwa shalih pun sudah tahu akan kesadaran

merayau ria diantara verba

hilang terhempas termakan kata

-salah diksi,2018-

saudara...jika rindumu sudah lagi tak bertuan,ini aku tunjukkan alasan kemana rindumu harus kau labuhkan.Jika rindumu pada amalan sudah menggila...ini dia aku catatkan sapaan dari kasih yg sering di 'sebelah tangan' kan oleh kebanyakan kita.

DZULHIJJAH INDAH

Ini yang aku maksudkan,bulan amalan dilipatgandaan kembali menyapa...setelah dua bulan kita rasa gersang dari motivasi berkekuatan istimewa.Ini dia bulan yg hari harinya dijadikan bahan sumpah Rabb nya alam semesta , dan kau tahu ? apa apa dari makhluk Nya yg ia jadikan bahan sumpah didalam al quran,merupakan satu isyarat penting tentang betapa agung dan mulianya sesuatu tersebut, seperti kelam malam dalam al lail,juga waktu dalam al 'ashr.


bulan dzulhijjah merupakan bulan terakhir dari rangkaian tahunan gurindam...eh..bukan..penanggalan maksudnya.juga bulan kedua dari deretan bulan haram yg sempat kita tuliskan istimewanya di sini.

lalu ? jika kita tuliskan pada tajuk "ISTIMEWA''....apa saja itu ? dan apa yang harus di lakukan olej kita yang sedang merindu ? berikut merupakan catatan singkat dari rangkuman muhadhoroh al ustadz Dr.aspri rahmat azai. yang bisa tertangkap oleh pendengaran kami,lalu kami buatkan seperti poin poin penting :


• Merupakan salah satu bulan haram.


• 10 awal Dzulhijjah merupakan 10 hari yg dipilih oleh Allah sebagai hari hari termulia dalam setahun,dan merupakan pilihan Allah..ketahuilah bahwa pilihan Allah adalah yg terbaik,serta Rabb lah yg mengetahui yg terbaik dari yg baik..

ويخلق ما يشاء و يختار

dan dialah yang menciptakan segala sesuatu dan memilih


• 10 hari di awal Dzulhijjah dijadikan oleh Allah sebagai bahan sumpahnya,dan setiap apa yg Allah jadikan bahan sumpahnya..menunjukkan keagungan dan pentingnya apa yg ada dalam sumpah tersebut.seperti waktu fajar dalam awal surah Al fajr,juga waktu malam dalam surah Al lail...serta banyak lagi makhluk Allah yg ia jadikan bahan sumpahnya.


• Amal ibadah akan sangat dicintai oleh Allah pada hari hari ini,Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda :

ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام – يعني أيام العشر – قالوا : يا رسول الله ولا الجهاد في سبيل الله ؟ قال ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله ثم لم يرجع من ذلك بشيء

”Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah ?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun”.


Terlebih lagi amal amal fardhu atau wajib...seperti yg sudah disebutkan oleh rabbuna dzul jalaali wal ikram dalam sebuah hadits Qudsiyyah yg diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


إِنَّ اللَّهَ قَالَ مَنْ عَادَى لِى وَلِيًّا فَقَدْ آذَنْتُهُ بِالْحَرْبِ ، وَمَا تَقَرَّبَ إِلَىَّ عَبْدِى بِشَىْءٍ أَحَبَّ إِلَىَّ مِمَّا افْتَرَضْتُ عَلَيْهِ ، وَمَا يَزَالُ عَبْدِى يَتَقَرَّبُ إِلَىَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ ، فَإِذَا أَحْبَبْتُهُ كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِى يَسْمَعُ بِهِ ، وَبَصَرَهُ الَّذِى يُبْصِرُ بِهِ ، وَيَدَهُ الَّتِى يَبْطُشُ بِهَا وَرِجْلَهُ الَّتِى يَمْشِى بِهَا ، وَإِنْ سَأَلَنِى لأُعْطِيَنَّهُ ، وَلَئِنِ اسْتَعَاذَنِى لأُعِيذَنَّهُ


“Allah Ta’ala berfirman: Barangsiapa memerangi wali (kekasih)-Ku, maka Aku akan memeranginya. Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan wajib yang Kucintai. Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, maka Aku akan memberi petunjuk pada pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, memberi petunjuk pada penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, memberi petunjuk pada tangannya yang ia gunakan untuk memegang, memberi petunjuk pada kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia memohon sesuatu kepada-Ku, pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti Aku akan melindunginya.” (HR. Bukhari, no. 2506)


• termasuk keistemawaan 10 awal dari bulan Dzulhijjah adalah menjadi tempat berkumpulnya amal amal mulia atau amalan amalan induk seperti sholat fardhu,nawaafil,sedekah,serta amalan adzhiim yaitu haji.


• didalamnya ada hari Arafah (9 dzulhijjah) yg disebutkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasallam :
خير يوم طلعت فيه الشمس يوم عرفة

“hari terbaik dari hari hari yg terbit didalamnya matahari ialah hari Arafah.”


AMALAN YANG DIANJURKAN

1.Haji .dan merupakan amalan terbaik di hari hari ini,selain haji juga tak bias di laksanakan kecuali di bulan ini saja.

2.Berqurban bagi yg mampu.

3.Berpuasa Arafah.(mereka yg berpendapat bahwa puasa tersebut illah nya merupakan wuquf nya jamaah haji di Arafah maka ia berpuasa pada saat jama'ah haji wukuf,adapun mereka yg berpendapat bahwa puasa tersebut illah nya adalah tgl 9 dzulhijjahnya.,maka ia berpuasa sesuai penanggalan di daerahnya tanpa melihat apakah jama'ah haji wukuf pada hari itu atau tidak)

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda tentang keutamaan puasa arafah

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

“Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)


4.Memperbanyak puasa selain di hari Arafah.

Dari Hunaidah bin Kholid, dari istrinya, beberapa istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,

عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya…..”

Di antara sahabat yang mempraktekkan puasa selama sembilan hari awal Dzulhijah adalah Ibnu ‘Umar. Ulama lain seperti Al Hasan Al Bashri, Ibnu Sirin dan Qotadah juga menyebutkan keutamaan berpuasa pada hari-hari tersebut. Inilah yang menjadi pendapat mayoritas ulama.

5.Memperbanyak sedekah.berdasarkan keumuman hadits tentang keutamaan amalan di bulan dzulhijjah ini.

6.Bertakbir dan berdzikir

Imam Bukhari rahimahullah menyebutkan,


وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِى أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ أَيَّامُ الْعَشْرِ ، وَالأَيَّامُ الْمَعْدُودَاتُ أَيَّامُ التَّشْرِيقِ . وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ وَأَبُو هُرَيْرَةَ يَخْرُجَانِ إِلَى السُّوقِ فِى أَيَّامِ الْعَشْرِ يُكَبِّرَانِ ، وَيُكَبِّرُ النَّاسُ بِتَكْبِيرِهِمَا . وَكَبَّرَ مُحَمَّدُ بْنُ عَلِىٍّ خَلْفَ النَّافِلَةِ .

Ibnu ‘Abbas berkata, “Berdzikirlah kalian pada Allah di hari-hari yang ditentukan yaitu 10 hari pertama Dzulhijah dan juga pada hari-hari tasyriq.” Ibnu ‘Umar dan Abu Hurairah pernah keluar ke pasar pada sepuluh hari pertama Dzulhijah, lalu mereka bertakbir, lantas manusia pun ikut bertakbir. Muhammad bin ‘Ali pun bertakbir setelah shalat sunnah.

7.Amalan amalan lainnya... Sebagaimana keutamaan hadits Ibnu ‘Abbas yang kami sebutkan di awal tulisan, dari situ menunjukkan dianjurkannya memperbanyak amalan sunnah seperti shalat, sedekah, membaca Al Qur’an, dan beramar ma’ruf nahi mungkar.

KHATIMAH

jika keutamaan sudah tersampai,pelabuhan rindu sudah tertera...apalagi yang kita tunggu selain dari bersegera ? semoga Allah limpahkan kekuatan dan taufiqnya kepada kita untuk melaksanakan amalan amalan sholeh di waktu kapan pun dan dimana pun.


wallahu waliyyut taufiq,washalallahu ala nabiyyina wa sayyidina muhammad.










Post a Comment

0 Comments