KEMANA DIRIMU ?


Sebuah kisah tersirat hikmah..

Kalimat yg acap kali kita dengar keluar dari sahabat sahabat kita satu majlis...dan tentu ini hanya pada sebagian oknum bukan umum keseluruhan.."Biarlah kita di benci dan terasing,toh kita termasuk org yg beruntung"

sebelum melanjutkan pembacaan.. kami harap kita dapat membacanya hingga tuntas... cukup panjang memang,semoga benar benar dapat kita ambil faedahnya.

Biarkan kami sedikit bercerita tentang seorang ustad yg kami sangat dekat Dengan beliau..suatu kali..beliau melakukan perjalanan dakwah ke satu kota yg cukup terbelakang saat itu...ini kira kira tahun 90 an... transportasi asatidz jaman old sangat jauh dari kata baik...mereka terjun ke Medan yg tak pernah terjamah kata Sunnah...Dengan biaya mereka .. Dengan uang dari keringat mereka...kala itu beliau memilih transportasi darat berjenis travel..jangan dibayangkan travel jaman old sama dengan travel jaman now...sedikit memperjelas...keadaan Indonesia kala itu masih erat dengan kata budaya dan adat setempat..dakwah SUNNAH- serta penyebarannya belum lagi sesemerbak jaman now...jenggot dan gamisan kala itu benar benar hal asing ditengah umat yg secara otomatis juga mengaku Islam..pokoknya Sunnah is asing dah....kembali kita ke kisah sang ustad... perjalanan beliau berlanjut ...pemilihan travel merupakan suatu yg tepat kala itu...Dengan susunan bangku formasi 2-4-4 -4-5 baik sekali buat sebuah perjalan jauh..tak terlalu sempit...sosok beliau seperti ustad pada umunya..jenggotan dengan kopiah di kepala plus gamisan dengan celana cingkrang.. alhasil..kala itu dengan suasana masyarakat Indonesia yg phobia akan atribut berbau Sunnah...terduduk lah sang ustad sendiri di deretan kursi penumpang tanpa ada yg mau duduk disebelah beliau...tatapan sinis plus kerutan wajah ketakutan benar benar tercermin dari penumpang lain dalam satu angkutan itu...ustad itu terasing....tapi kata beliau terasing yg membawa pada kenikmatan....duduk tak berdempetan tak ada org di kanan kiri...leluasa.. hahahaha.

Namun...kalian tahu apa akhir kisah beliau ?...selama dalam perjalanan itulah beliau banyak mempraktekkan hal hal yg membuat penumpang lain tertarik...beliau yg humoris dan humble menjadi peredam takut mereka serta peruntuh phobia mereka terhadap jenggot dan segala atribut Sunnah...Al hasil...mereka malah tertarik untuk mengerti islam dan Sunnah lebih dalam...

Kira kira begitulah kisah beliau yg kami dengar langsung dari mulut beliau disesi makan malam pada suatu kesempatan...sejenak kami merenungi realita zaman kin..saat Sunnah khusunya jenggotan , cingkrangan ,serta cadaran sudah dianggap lumrah dan tak lagi jadi momok menakutkan bagi masyarakat awam...saat itu juga banyak dari sahabat sahabat kita dengan membawa kata hijrah ikut dalam euforia Sunnah tersebut....mereka hadir dengan casing Sunnah tulen...jenggotan , dan cingkrangan...juga jilbab lebar bahkan cadaran....'ala kulli haaal Alhamdulillah...

Tapi,....ini dia yg menjadi topik tulisan kami kali ini...kita yg bercasing Sunnah namun Spek dalam diri masih jauh dari Sunnah...bagaimana bisa ?
Jangan anggap kami menjudge satu arah dalam hal ini...hakikatnya ini juga sebagai tamparan buat kami..yg sering lalai....

Saat ngaji dengan gaya weekend lebih disenangi dari duduk bermulazamah berhari hari....saat bahasan debat mendebat lebih diseriusi dibanding buka kitab tauhid berkali kali..saat itulah muncul oknum yg mengaku hijrah namun isi pemikirannya masih kacau parah...mereka duduk di majlis yg membahas syirik mencari dalil untuk mensyirikkan rekannya....mereka lazimi majlis Sunnah juga bid'ah bukan mencari kesalahan diri...tapi seperti tadi mencari dalil buat pembenaran diri sambil membid'ahkan saudara sendiri...mereka berpegang pada satu hadits kemuliaan orang yang terasing sebagai dalil agar tahan dicaci..padahal sebab cacian adalah mereka sendiri..

Kini awwam memang tak takut dan phobia dengan atributnya... Namun pemakainyalah yg membuat awwam mundur teratur.. saat semua amalan yg ia lakukan....oleh rekannya yg menyandang gelar 'salaf' di bid'ah syirikkan...padahal apa tahu dia ttg dalil....padahal apa tahu dia tentang bidah..toh selama ini telinga hanya mendengar...badan hanya mengikut...tak tegak hujjah sudah bersih dipukul ratakan dengan musyrik oleh sang rekan pemakai atribut Sunnah...lalu dimana hakikat salaf itu mereka campakkan ????

Saat teriakan benci diutarakan...alasan mereka ..."wajar saja..kita memang terasing.. ." Aaah... Dimana pemahaman? Bukankah salaf itu 'arham lilkholqi wa a'lam lilhaqqi' paling tau dgn Haq paling lembut dgn makhluq.....

Segelintir mereka dengan bangga memakai pakaian keterasingan...padahal kita asing bukan karena Sunnah yg kita tegakkan... melainkan karena akhlaq kita yg amat jauh dari klaim Sunnah yg kita tampakkan..

Bagaimana kita tidak terasing...? Senyum kita tertahan setelah jenggot memanjang..
Bagaimana kita tidak terasing ? Lisan kita amat mudah membid'ahkan rekan..padahal hujjah belum lagi di tegakkan..
Bukankah org yg terbaik itu yg berkumpul bersama masyarakat dan sabar atas ujian mereka ? Lalu mengapa kita harus kunci mulut buat menyapa...mengapa kita gembok lisan buat menasehati sesama ?

Itulah...fenomena keterasingan zaman kini...oknum yg asik dengan atribut Sunnah..namun aqidah dan manhaj bobrok tak karuan...semakin mengaji semakin lentur lisan mengkafirkan....semakin kemari dan lama duduk di majlis tanpa ada niat yg tulus.. semakin ringan pula lisan membid'ahkan...

Nasehat kami buat diri juga sahabat sahabat kami ini....jangan berhenti duduk di majlis ilmu...lihat kepada siapa kita mengambil ilmu....jangan malah salah qudwah...casing is Sunnah....akhlaq is parah..

*Sekali lagi,ini rangkaian kata buat diri sendiri..
Juga buat kamu... yg aku cintai karena ilahi..

Djakarta 5 Desember 2017, jaman now.
Abu Hatim Huzaifah Ali akbar