Adab makan dan minum.


Semua orang makan dan minum, tapi, berapa banyak yang paham adab makan minum? Dan berapa banyak yang benar benar menjaga adab tersebut?

  • Diantara adab yang terpenting, adalah menjaga agar makanan yang dimakan berasal dari yang halal dan berusaha menjauhi makanan dan minuman yang haram seperti babi atau khamr. Atau makanan dari cara yg haram, seperti makanan curian.

 قال تعالى: يا أيها الناس كلوا مما في الأرض حلالا طيبا ولا تتبعوا خطوات الشيطان إنه لكم عدو مبين.  

Allah Taala berfirman:Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu (QS Al-Baqarah 168)

  • Dan tidak boleh makan dan minum menggunakan bejana yang terbuat dari emas atau perak atau bejana yang terbuat dari campuran keduanya.

 ففي الحديث : ...ولا تشربوا في آنية الذهب والفضة ولا تأكلوا في صحافها. فإنها لهم في الدنيا ولكم في الآخرة (متفق عليه)

Dalam sebuah hadis dikatakan : Jangan minum menggunakan bejana emas dan perak, dan jangan makan menggunakan piring yang terbuat dari keduanya. Karena sesungguhnya itu semua untuk orang kafir di dunia, dan kelak diakhirat akan menjadi milik kalian (muttafaqun alaihi).

Dan termasuk di dalam hukum tersebut, piring, nampan, gelas teh atau kopi, sendok, pisau dsb.

  • Diantara adab makan juga, membaca basmalah sebelum makan. Makan dengan tangan kanan. Dan makan makanan yang terdekat.

 قال النبي صلى الله عليه وسلم:  يا غلام سم الله وكل بيمينك وكل بيمينك وكل مما يليك(متفق عليه)

Nabi shalallahu alaihi wasallam bersabda : Wahai anak, bacalah basmalah, kemudian makanlah dengan tangan kanan, dan makanlah makanan yang terdekat darimu. (Muttafaqun alaihi)

  • Makan dari tepian nampan lebih menambah keberkahan.

قال النبي صلى الله عليه وسلم: البركة تنزل وسط الطعام فكلوا من حافتيه ولا تأكلوا من وسطه (رواه الترميذي ١٨٠٥ وابن ماجه ٣٢٧٧ وصححه الألباني في تعليقات الحصان ٥٢٢٢)

Nabi shalallahu alaihi wassalam bersabda: Keberkahan itu turun di tengah tengah makanan, maka makanlah dari tepiannya, dan jangan makan langsung dari tengahnya (HR Tirmidzi no. 1805 dan Ibnu Majah no. 3277 disahihkan oleh Al Albani dalam ta'liqatul hisaan no. 5222)

  • Jangan makan sambil bersandar.
  • Jangan bernafas di dalam bejana.
  • Jangan pula meniup apa yang ada di dalamnya walaupun panas, Akan tetapi ia tunggu sampai dingin.
  • Dan minum dalam keadaan duduk dengan tiga kali tegukan.
  • Apabila memberi minum kepada orang banyak, maka mulailah dari sebelah kanan. Dan hendaklah pemberi minum menjadi yang terakhir minum.
  • Makan secara bersama sama lebih baik daripada makan sendiri sendiri, Walaupun keduanya boleh .

قال النبي صلى الله عليه وسلم: اجتمعوا على طعامكم واذكروا اسم الله عليه يبارك لكم فيه. (رواه أبو داود ٣٧١٤ وابن ماجه ٣٢٨٦ وحسنه الألباني في صحيح الجامع ١٤٢)

Nabi shalallahu alaihi wasallam bersabda : Makanlah secara berjamaah, dan sebutlah nama Allah. Maka makanan kalian akan diberkahi. (HR Abu Daud 3714 Dan Ibnu Majah no. 3286 Dihasankan oleh Al Albani dalam Sohih Jami' no 142)

  • Dan hendaklah mengucapkan Alhamdulillah di akhir makan. Nabi shalallahu alaihi wasallam ketika selesai makan dan akan beberes, beliau berkata :

الحمد لله حمدا كثيرا طيبا مباركا فيه غير مكفي ولا مودع ولا مستغنى عنه ربنا. 

Maka, bersemangat lah untuk melaksanakan adab makan dan minum ini, karena ia merupakan salah satu bentuk syukur kepada Allah.

قال تعالى :يا أيها الذين آمنوا كلوا من طيبات ما رزقناكم. واشكروا لله إن كنتم إياه تعبدون.

Allah Taala berfirman:

Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya kepada-Nya menyembah. (QS Al-Baqarah 172)

Post a Comment

0 Comments