BERBEDA

Satu jam tepat dari tempat kami bernaung,kami sampai disini, di tepian pagar yang lansung berbatasan dengan halaman indah ini...

senja kala itu...
perlahan payung yang tadi mengembang mulai menguncup..bersama dengan memerahnya langit..bersama dengan mendinginnya pucuk pucuk saraf.

Petang itu...aku sendiri,berjalan diantara banyaknya kaki yang lalu lalang...berpacu dengan melodi derap langkah yang mengembang...melaju diantara landasan pacu orang orang shalih yang tengah melantunkan kalam ilahi dengan merdu..tetiba,...

Kaki ku tersekat,terhenti tepat ditengah keramaian yang sedang berjibaku melawan ragu..sekelilingku manusia dengan berbagai ras,suku bangsa,juga dengan bahasa yang jauuh berbeda bersatu tanpa sekat..berkumpul tanpa hijab*..aku sempat melintas diantara mereka yang berbica dengan Uralo-Altaik....juga aku sempat berbincang dengan mereka yang bercakap austronesia...namun satu hal yang kusimpulkan kala itu..

(وَمِنْ آيَاتِهِ خَلْقُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافُ أَلْسِنَتِكُمْ وَأَلْوَانِكُمْ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِلْعَالِمِينَ)

Segala perbedaan yang ada ditengah tengah kita merupakan satu rahmat yang tak patut diragukan...bukankah dengan perbedaan kita tahu mana si mongoloid dan mana kaukasoid ?

Penciptaan Allah subhanahu wataala pada makhlukNya memiliki arti tersendiri...Allah subhanahu wataala yang padaNya sifat hakiim, tak kan pernah menjadikan sesuatu tanpa ada hikmah dibaliknya...pada perbedaan ini...bukankah Allah telah jadikan dan tetapkan bahwa kebenaran bukan pada salah satu dari mereka...bukan pada Polynesian ataupun Veddoid...melainkan pada setiap mereka yang bertaqwa.

(يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبير)

Allah azza wajalla menjadikan manusia ini berbeda beda agar perintah bersatu terwujud dengan sempurna...walau mesti tetap ada yg berbeda..

(ولا يزالون مختلفين....إلا من رحم ربك ولذلك خلقهم)

Setidaknya ikatan untuk sebuah persatuan sudah diberi tahu Allah subhanahu wataala...yaitu dengan ikatan tali Allah yang merujuk pada pemahaman pendahulu kita dari orang orang shaleh.

---------------
Setumpuk memori yang tak nak pergi
City of khaatamil anbiya wal mursalin
Maret 2017

Post a Comment

0 Comments